Dua Desa di Bandung Barat Diterjang Banjir Lumpur

KBB - Akibat curah  hujan yang sangat tinggi yang terjadi pada hari Sabtu,(06/11/2021) ,mengakibatkan banjir beserta lumpur menerjang dua Desa di Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat (KBB) yaitu Desa Cikande dan Desa Bojong Haleuang,akibatnya puluhan rumah dan sekolah tertimpa air yang disertai lumpur.

Diduga air datang membawa lumpur dari bukit yang yang tidak tertampung saluran air /drainase sehingga air tersebut meluap ke jalan,walau tidak menggenangi rumah,namun lumpur menimpa rumah warga dan menutupi jalan.

Menurut camat Saguling,H.Asep Jarkasih mengatakan,paska banjir tersebut pihaknya akan mengajukan permohonan pelebaran parit kepada dinas Pekerjaan umum dan Tata Ruang(PUTR)Kabupaten Bandung Barat,sekaligus melakukan reboisasi agar banjir tidak terulang lagi kedepannya.

“Kita akan melakukan reboisasi dan pengajuan pelebaran drainase kepada Dinas PUTR untuk mengantisipasi kejadian seperti ini,”ungkap Asep Jarkasih.

Sementara Menurut Kepala Pelaksana(Kalak) BPBD Dudyy Prabowo mengungkapkan, pihaknya telah menerjunkan personil untuk mengangkat lumpur yang menutupi badan jalan.

“Dari malam kita kerahkan personil dan kendaraan untuk mengangkut lumpur yang menimbun jalan,”paparnya.

Dudyy juga menghimbau agar warga selalu waspada mengingat curah hujan yang masih tinggi. 

“Kami menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dan siaga terhadap kemungkinan bencana susulan,karena curah hujan masih sangat  tinggi "pungkasnya.
Sumber: Kepripos

Lebih baru Lebih lama